Selamat Datang...!

Mungkin ini merupakan blog yang paling sederhana yang pernah anda temui,tapi semoga apa yang saya posting ini bisa bermanfaat. Jgn lupa tinggalkan komentar jika ada yang kurang anda pahami atau ada yg ingin anda tanyakan.

Rabu, 17 November 2010

Hasil Pengamatan Praktikum Kimia Dasar 1, Modul III

PERLAKUAN / PENGAMATAN
>1< (a) 1 Sendok pasir dimasukan ke dlm gelas yg berisi air / Air menjadi keruh kecoklatan, tapi tidak terlalu coklat dan pasir tdk larut. (b) Diaduk / air menjadi lebih keruh dan pasir tidak larut. (c) dibiarkan mengendap / Air menjadi sedikit lebih murni, karena pasir mulai mengendap. (d) Dituangkan bagian atas / Diperoleh air(filtrat) & pasir(residu). >2< (a) Kapur dimasukan dalam gelas kimia yang berisi air / air menjadi berwarna putih,tapi tidak terlalu putih & kapur sebagian kecil larut. (b)Diaduk / air menjadi lebih berwarna putih dan kapur melarut. (c) Disaring dgn menggunakan corong dan kertas saring / terjadi pemisahan antara air dan kapur, dimana air menjadi jernih, dan kapur tertinggal dikertas saring. >3< (a) Garam dimasukan dlm gelas kimia yg berisi air / garam tidak larut dan air agak sedikit keruh. (b) Diaduk / garam larut dlm air, dan air menjadi keruh. (c) Disaring dgn corong dan kertas saring / garam tidak tersaring dan air menjadi jernih. (d) Diuapkan / larutan garam menjadi butiran-butiran garam. >4< (a) CuS04.5H20 Dilarutkan ke dalam 25 ml air / CuS04.5H20 Larut dlm air dan air menjadi berwarna biru. (b) Diuapkan / larutan CuS04.5H20 Semakin lama semakin menurun. (c) Didinginkan / larutan yg diuapkan tadi kini menjadi membeku. >5<
(a) 10 ml air teh dituangkan kedalam labu destilasi 250 ml / tetap dlm bentuk air teh.
(b) Ditambahkan 3 buah batu didih / volume air teh bertambah.
(c) air teh dipanaskan / air teh menguap.
(d)temperatur 92.5'C / Mengeluarkan 1 tetes air bening.
(e)temperatur 93.5'C / mengeluarkan 3 tetes air bening.


Catatan(Kpd Rekan-Rekan jurusan bologi modul III) "Maaf, saya tidak sempat bagikan kopiannya kepada kalian, karena saya juga buru-buru PULKAM, dan kalian saya cari dikampus tidak ketemu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda dikolom berikut